Beranda | Artikel
Menukar Barang Yang Ditakar
Kamis, 6 September 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Menukar Barang Yang Ditakar adalah kajian yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 17 Sya’ban 1439 H/ 03 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Menukar Barang Yang Ditakar

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Kajian Tentang Menukar Barang Yang Ditakar – Kitab Zadul Mustaqni

Tidak boleh menukar barang yang ditakar dengan ukuran volume dengan barang sejenisnya melainkan dengan cara takar pula. Misalnya adalah minyak goreng ditukar dengan minyak bensin. Maka menukarnya harus dengan takaran. Tidak boleh satunya ditimbang dan satunya lagi ditakar.

Juga tidak boleh menjual barang yang ditimbang dengan sejenisnya kecuali ukurannya adalah juga ditimbang. Misalnya cabe ditukar dengan bawang, maka tidak boleh cabenya dengan kilo sedangkan bawangnya dengan liter.

Hal ini permasalahannya adalah dalam madzhab hambali, illat ribawi pada enam komoditi itu adalah takaran dan timbangan. Maka menukar kurma dengan gandum, persyaratannya boleh tidak sama ukurannya, namun harus tunai. Yang satu jenis seperti kurma dengan kurma, maka persyaratannya harus sama dan harus tunai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi makanan kepada Yahudi dan beliau gadaikan baju besinya. Ini menunjukkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membayar dengan tidak tunai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membawa makanannya dan dibayar secara tidak tunai. Bahkan sampai beliau wafat hutangnya belum terbayar. Tetapi nilai baju besi lebih besar dari pada nilai hutang atau harga makanan pokok tersebut.

Tidak boleh juga menukar yang satu jenis. Misalnya gandum ditukar dengan gandum atau kurma ajwa ditukar dengan kurma sukari. Maka tidak boleh ditukar dengan cara yang satu takarannya jelas sedangkan yang satu lagi takarannya tidak jelas.

Simak penjelasan lengkap dan download MP3 kajian tentang Enam Komoditi Riba – Kitab Zadul Mustaqni


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44630-menukar-barang-yang-ditakar/